Friday 10 August 2012

Internet Merusak Kejutan

“Hmm... acara makan-makan tahunan ini kayak apaan sih? Coba ah googling, siapa tau ada yang ngereview acara tahun lalu.”

Hal di atas itulah yang saya anggep sebagai ‘teknologi internet menyebabkan kejutan jadi hilang’. Harusnya acara tahunan itu jadi momen once in a lifetime yang penuh surprise, harusnya acara ini penuh dengan kegiatan-kegiatan yang nggak kita tahu sebelumnya.

Tapi internet mengacaukannya. Gara-gara googling, kita jadi tahu apa yang nggak seharusnya kita tahu sebelumnya. Ini jadi kayak, dikasih kado dan kita sudah tahu apa isi di dalemnya: udah ga surprise lagi.

Ya emang gitu, tiap hal di dunia ini ada positif dan negatifnya. Ini mungkin satu hal kecil dari sisi negatif penggunaan teknologi internet. Ini bisa jadi pelajaran juga buat para perancang acara, supaya lebih kreatif menata rangkaian kegiatannya, terutama kalo acaranya sudah jadi tradisi tahunan. Plus, jangan terlalu ngasih banyak spoiler, jangan nulis semua hal di internet, biarin aja beberapa dari hal itu ditulis dalem ingatan diri sendiri.

Ngasih informasi itu hal yang baik, tapi beberapa informasi sebaiknya dialamin diri masing-masing aja, ga usah dikasih tau orang lain. Gimana?

No comments:

Post a Comment